«

»

Jul 19

Kajian Ifthar : Pendidikan Maaf dalam Islam

Ustz Sulaiman, S.PdI (memakai peci)

Acara          : Kajian Ifthar
Hari/tgl        : Kamis, 18 Juli 2013
Pembicara : Ustz  Sulaiman, S.PdI (dosen MKU UNP)

QS. Al-A’raf ayat 159
خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ
Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma´ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.
1. Jadilah pemaaf
2. Serulah kebaikan/kebajikan
3. Berpaling dari orang-orang yang bodoh
4
Sesungguhnya Rasulullah diutus untuk ,menyempurnakan akhlak manusia.
Rasullah menjadi orang yang sangat pemaaf, suatu peristiwa terjadi. Ketika itu seorang dari suku badui masuk kedalam mesjid dan pergi kepojok mesjid kemudian buang air kecil. Dan Umar bin Khatab marah kepada rang badui tersebut dan megeluarkan pedangnya.
Tindakan rasulullah tidak sama seperti Umar, Beliau memaafkan orang badui tersebut dan memerintahkan Umar untuk menyarungkan pedangnya dan berkata ke Umar apabila kalau engkau kejar ia, ia akan berlari-lari sepanjang mesjid, najis akan berceceran kemana-mana, biarkan ia menyelaesaikan buang hajatnya. Melihat rasullulah orang badui tersebutpun mau masuk Islam. Orang badui tersebut pun berkata masuk sorga hanya rasullullah ia saja saja karena sahabat rasul pemarah. Karena sifat pemaaf inilah rasulullah membuat orang lain masuk islam dengan sendiri tanpa ada paksaan.

Peserta Kajian Ifthar sholat Magrib (makin rame alhamdulillah, jamaah putri di belakang hijab…)

Seorang penulis ternama Syeih Sayyid Qutb
ditafsirkan ayat ini sebagai nasehat langsung dari Allah SWT kepada nabi muhammad SAW bagaimana cara menghadapi orang-orang mekkah baru beliau temui. Karena memaafkan menjadi etalase sifat mulai.

Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 109
وَدَّ كَثِيرٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يَرُدُّونَكُمْ مِنْ بَعْدِ إِيمَانِكُمْ كُفَّارًا حَسَدًا مِنْ عِنْدِ أَنْفُسِهِمْ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ الْحَقُّ ۖ فَاعْفُوا وَاصْفَحُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللَّهُ بِأَمْرِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kriteria/ Indikator orang yang pemaaf :
1. Lapang dada
2. Tidak membalas kelakuan buruk orang lain
3. Mendoakan kebaikan untuk mereka
Lafas memaafkan tidak akan terajdi apabila terjadi peristiwa seorang muslim membunuh muslim lainnya dan menggangu muslim lainnya sampai cidera fisik muslim lainnya.

Q.S Ali imran ayat 159

فَبِمَا رَحۡمَةٍ۬ مِّنَ ٱللَّهِ لِنتَ لَهُمۡ‌ۖ وَلَوۡ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ ٱلۡقَلۡبِ لَٱنفَضُّواْ مِنۡ حَوۡلِكَ‌ۖ فَٱعۡفُ عَنۡہُمۡ وَٱسۡتَغۡفِرۡ لَهُمۡ وَشَاوِرۡهُمۡ فِى ٱلۡأَمۡرِ‌ۖ فَإِذَا عَزَمۡتَ فَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ‌ۚ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلۡمُتَوَكِّلِينَ
“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu . Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” 

Hidangan takjian, dilanjutkan selepas magrib dengan hidangan makan besar

Rasulullah menerima nikmat teragung dari Alllah, kita itu mau sukses mengajak orang lain harus berlaku lemah lembut.

Bertemu dengan orang-orang jahil yang tidak mengerti bagaimana bersikap yang benar. Maka kita harus dapat memakluminya akan kejahilan mereka, sehingga kita dapat merubah sifat mereka. Mahasiswa harus memiliki sikap pemaaf sebagaimana kita berperan sebagai agent of change.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Email
  • RSS
  • Blogger
  • MySpace
  • Tumblr
  • Google Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Email
Print
WP Socializer Aakash Web