«

»

Oct 11

One Will One Goal:Kisah Dibalik Forsia 22 Tahun Berkarya

12072684_1673761649531897_1991610601532069375_n

9 OKTOBER 1993 Merupakan Hari Lahirnya Forsia (Forum Studi Islam Al-Qalam). Forsia Merupakan Organisasi Yang Melibatkan Mahasiswa Dalam Aktivitas Dakwah Kampus. Berawal Dari Pembangunan Mushalla Al-qalam yang akan ditempati sebagai tempat ibadah akhirnya rampung pada bulan april 1992. Kegiatan ibadah yang biasanya dilakukan di ruang sidang FMIPA Alhamdulillah akhirnya dipindahkan ke mushalla al-qalam. Semenjak dibentuknya kepengurusan , kegiatan di mushalla al-qalam seperti shalat berjamaa’ah dan kultum berjalan dengan lancar dengan berita gembiranya jama’ah yang semakin bertambah.
Seiring berjalannya waktu, semakin hari semakin banyak mahasiswa yang mengikuti shalat berjama’ah dan kultum dan menunjukkan semangat yang tinggi untuk mengikutinya. Hingga tibalah, ide yang mulia itu datang. Sejumlah mahasiswa FMIPA berdiskusi dengan Pembina Mushalla Al-Qalam yang menyampaikan ide cemerlang mereka yang mengandung keinginan besar untuk membentuk suatu kegiatan yang melibatkan mahasiswa di dalamnya sebagai pelaksana kegiatan seperti forum studi islam. Ide tersebut mendapat sambutan yang baik dari seluruh jama’ah mushalla al-qalam,yang pada akhirnya dibentuk tim formatur untuk membentuk kepengurusan forum studi islam dengan nama forum studi islam al-qalam(forsia) tepat pada tanggal 9 oktober 1993, maka resmi berdirilah forsia.
Begitulah sejarah singkat dari berdirinya FORSIA, sebuah organisasi dakwah fakultas yang mewadahi mahasiswa untuk bekarya di jalan dakwah. Jalannya para nabi dan rasul, dan diteruskan oleh para mahasiswa yang luar biasa. Dan Alhamdulillah sampai sekarang masih exist di fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, universitas negeri padang.
Alhamdulillah, banyak sekali acara-acara yang diangkatkan oleh FORSIA, seperti exist 1 dan 2 untuk mahasiswa baru, dimana FORSIA mendatangkan pemateri-pemateri menarik bahkan trainer, yang tentunya dengan materi-materi yang insya allah membuat mereka dekat dengan penggenggam jiwa mereka yaitu ALLAH SWT. Dan acara tersebut diusung oleh mahasiswa yang ikut tergabung dalam kepengurusan forsia, meskipun banyak kendala yang dihadapi ketika mengangkatkan sebuah acara, tapi para mahasiswa yang bergelar aktivis dakwah kampus ini meyakini bahwa “ ketika kita berjuang di jalan dakwah dengan niat membantu agamanya Allah, maka tidak ada istilah jalan buntu, karena Allah akan buatkan jalan pintasnya”.
Kemudian berbagai acara lainnya seperti, BIRU (tarbiyah ruhiyah) setiap kamis sore, training dasar organisasi(TDO),BAZAR, seminar kewirausahaan, anjangsana ke panti asuhan, RDK(ramadhan di kampus, dan sebagainya.
22 TAHUN, bukanlah waktu yang singkat untuk mempertahankan organisasi ini, semua berawal dari kesadaran mahasiswa dalam mengejar ilmu agama islam ketika hati mereka pun terasa gersang,ketika mereka melihat kondisi sekitar yang semakin kabur dari jauh alquran dan sunah dan disinilah FORSIA insya allah bisa mengatasi.
FORSIA, dapat berdiri kokoh seperti saat ini bukan karena siapa-siapa melainkan karena ALLAH sang pencipta, meskipun dalam kepengurusan kadang ada yang mundur karena alasan yang berwarna –warni , atau memilih organisasi lain yang diaanggap lebih keren, tapi para pengurus yakin akan kalimat ini “ Ketika Kita Berniat Mundur Di Jalan Dakwah Ini, Maka Allah Telah Mepersiapkan Penggantinya Yang Lebih Baik Dari Kita”.Selama ini ketika masalah mulai berdatangan, baik itu masalah keuangan, masalah kepanitian, atau kerja sama yang gagal dengan organisasi lain,maka seketika ada saja cara terbaik Allah untuk membantu dan memudahkan di detik-detik terakhir. Dan insya allah itu terbukti, FORSIA tidak pernah kekosongan pengurus. Walaupun sedikit ,tapi berkat kerja sama yang luar biasa dan pastinya dengan bantuan Allah yang terus menerus tanpa batas semua bisa diatasi. ‘Amal jama’i adalah jargonnya. Karena sekali lagi ketika kita berniat baik, maka Allah akan memperlihatkan fasilitas terbaiknya.
FORSIA, akan terus ada selama ALLAH masih mengizinkan organisasi ini berkarya untuk umat ,demi agama tercinta. Forsia membantu para mahasiswa untuk tetap di jalan yang benar, jalan yang telah allah atur dan tentukan. FORSIA akan tetap jaya di hati orang-orang yang bercahayakan iman dan islam. FORSIA akan menunjukkan bahwa betapa manisnya menjadi seorang muslim, dan betapa indahnya mengikuti jalan yang pernah di lalui rasulullah, meski sekalipun jalan itu sepi, berbatu, berlumpur, berduri, tidak ada pengaruhnya, karena Cinta ini telah terpatri dalam sanubari.
Di usia 22 tahun ini, semoga FORSIA menjadi lembaga dakwah fakultas yang dapat memberikan sumbangsih dalam kejayaan islam, bukan sebagai penonton tapi seorang striker yang menggolkan bola-bola keislaman sehingga di suatu saat nanti, di saat waktu yang ditentukan Allah, kita sama-sama melihat kemenangan islam yang sebenarnya. Insya Allah FORSIA, akan buat rasulullah bangga dan berkata “kalian adalah umatku, dan aku sangat merindukan kalian”. AAmiin.
TAKBIR!!!!!! ALLAHU AKBAR,ALLAHU AKBAR,ALLAHU AKBAR.

*MOHON MAAF JIKA TERDAPAT KESALAHAN DALAM PENULISAN.SJZK

 

#CREW_SYIAR FORSIA 15
#UNLIMITED_SPIRIT_ON_DAKWAH

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Email
  • RSS
  • Blogger
  • MySpace
  • Tumblr
  • Google Plus
Email
Print
WP Socializer Aakash Web