«

»

Nov 21

Sekilas Mengenai FORSIA FMIPA UNP

Oleh : Ronal Rifandi, S.Pd, M.Sc

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Keluarga Besar FORSIA FMIPA UNP mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru universitas negeri padang, special buat yang berhasil menembus gerbang untuk masuk ke dalam kampus biru madani FMIPA UNP. Mau merah, ungu, hijau ataupun oren tetap satu mipa jua.
Ngomongin FMIPA UNP gak bakal lepas dari salah satu Unit Kegiatan mahasiswa yang ada di fakultas tersebut yakni Forum study Islam Al-Qalam, disingkat dengan FORSIA. Sesuai dengan namanya, lembaga ini merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa muslim fmipa unp. Semua mahasiswa muslim unp terbuka untuk menjadi anggotanya. Tidak terkecuali dengan adek-adek baru yang masuk tahun 2010 ini. Kami menyambutmu dengan senyum hangat dan tangan terbuka. Karena kita adalah keluarga. Sekali lagi selamat datang adik2 kami mahasiswa FMIPA UNP TM 2010Berkenalan dengan forsia yuuuk!!!.

Pengabdian panjang telah diukir lebih dari 16 tahun yang silam sejak 9 Oktober 1993, dengan cikal bakal aktifitas keislaman yang berlangsung di Mushala Al-Qalam. Dan hingga sekarang pun FORSIA merupakan lembaga otonom di bawah kepengurusan Mushala Al-Qalam, jadi jika dianalogikan dengan kondisi di kampung awak, bisa dibilang sebagai remaja mesjidnya lah. Eits…. Tapi dah pada tahu kan, Al-Qalam itu apaan??? Yups Al-qalam merupakan nama mushalla yang ada di lingkungan Kampus FMIPA UNP. Dan disana pulalah berkantor mahasiswa yang menjadi pengelola dan penggerak dakwah FORSIA. Dari generasi ke generasi semangat menebar kebaikan terus disemai, dinamika organisasi terus berjalan dan sekarang Forsia masuk pada periode 2010-2011 dan dinakhodai oleh Adrian (BP.2008).

FORSIA merupakan lembaga dakwah mahasiswa tingkat fakultas. Terdiri dari bidang-bidang yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa saat ini, mulai dari bidang syiar Islam sampai kebidang kemuslimahan, semua komplit ada di FORSIA. Jangan pikir kita hanya akan sibuk dengan hal-hal biasa yang monoton. Kita punya serangkaian kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Ada kajian keislaman, EXIST (exsact Islamic study- program bareng organisasi kemahasiswaan MIPA), ada acara khusus muslimah, ada rihlah (wisata alam), outbond, nonton bareng, bedah buku, training, seminar, pengembangan minat dan kegemaran (termasuk seni dan olahraga), peringatan hari besar islam, pengabdian pada masyarakat, pengembangan skill (pelatihan IT, pelatihan bisnis, pelatihan jurnalistik, dll). Tak kalah penting, di Forsia juga ada sector khusus untuk pengembangan akademik, yang akan membantu kita semua dalam masalah-masalah akademik kita, program unggulan berupa tutorial mata kuliah, perpustakaan Forsia, kelompok belajar dan lainnya. Selain itu Ada keistimewaan khusus lain yang akan adek-adek peroleh dengan bergabung bersama Forsia yakni masing-masing adek-adek akan memiliki kakak Pembina. Yang akan membantu adek-adek dalam beradaptasi dengan lingkungan kampus, sama-sama belajar tentang islam dan menggali serta mengembangkan potensi yang dimiliki. Semua itu akan adek-adek dapatkan secara gratis.. free of charge..

Disini kita akan dilatih untuk menjadi pribadi muslim yang utuh, baik secara intelektual emosional maupun spiritual. Anda sekalian akan dapat mengembangkan potensi diri, memperkaya wawasan dan berbuat untuk orang lain, karena hidup kita akan terasa lengkap jika kita mampu untuk berguna bagi sesama. Yang tak kalah pentingnya adalah akan mendapat pahala dari Allah SWT jika melakukan semua itu dengan ikhlas dan sepenuh hati. Woukeh kan!!!

Jadi, tidak ada waktu untuk ragu bergabung bersama Forsia. Ukhuwah yang hangat telah menanti anda. Dan jangan takut kita tidak sendiri. Forsia bersama LDF Fakultas lain (FORMIS FT, FSDI FIS, FORMI Madany FE, FKPWI FBSS, FORSIS FIP, dan FSIO FIK) berkoordinasi bersama dalam Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) di tingkat universitas. Kita juga punya saudara-saudara di SALAM UI, Gamais ITB, FKI Rabbany Unand, dan lembaga dakwah kampus lainnya yang tergabung dalam FSLDK (Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional). Tunggu apa lagi, segera kunjungi stand kami dan isi formulir pendaftarannya. Atau silahkan bersilaturrahim ke secretariat Forsia di Mushalla Al-Qalam FMIPA UNP. Jadilah salah satu batu bata penyusun peradaban emas Indonesia. Agar ngampus tak hanya sekedar ngampus dan hidup tak hanya sekedar hidup. Jalan itu masih terbentang.

Repost sumber : http://ronalrifandi.blogspot.jp/2010/08/sekilas-mengenai-forsia-fmipa-unp.html

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Email
  • RSS
  • Blogger
  • MySpace
  • Tumblr
  • Google Plus
Email
Print
WP Socializer Aakash Web