↑ Return to FORSIA

Arti Lambang

Dasar Pembuatan
Berdasarkan hasil rapat tim formatur yang dibentuk oleh pengurus Mushalla Al-Qalam pada tanggal 9 Oktober 1993, maka berdirilah Forum Studi Islam di FPMIPA dalam naungan Mushalla Al-Qalam FPMIPA IKIP PADANG dengan nama Forum Studi Islam Al-Qalam (FORSIA) FPMIPA IKIP PADANG yang kemudian pada tahun 1999 seiring dengan berubahnya FPMIPA IKIP PADANG menjadi FMIPA UNP berubah pula statusnya menjadi Forum Studi Islam Al-Qalam (FORSIA) FMIPA UNP dengan fungsi sebagai:

  1. Lembaga Da’wah Kampus tingkat Fakultas yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keislaman dan menyemarakkan Syi’ar Da’wah Islam di Kampus Intelektual Religius FMIPA UNP.
  2. Mengelola dan memakmurkan Mushalla Al-Qalam FMIPA UNP.

Filosofi Bentuk
Lambang FORSIA di buat dalam bentuk absolut (absolute form) dan bentuk relatif (relatif form). Filosofi bentuk absolut adalah bahwa FORSIA senantiasa berdiri kokoh pada Al-Haq (kebenaran) yang berjuang dan berkembang berdasarkan Al-Haq tersebut.

Bentuk relatif mengandung filosofi, bahwa FORSIA selalu menerima Al-Haq tersebut dari manapun datangnya dengan berkembang membawa misi sesuai dengan tugas yang diembannya.
Arti Bentuk-bentuk

  1. Lingkaran sebagai bentuk absolut mengandung arti bahwa FORSIA dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertekad bulat dan selalu menggelinding melahirkan Intelektual Muslim yang berakhlak Islami dan profesional sepanjang masa, berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.
  2. Dua buah setengah lingkaran berisi sebagai bentuk relatif mengandung arti bahwa FORSIA sebagai lembaga yang dinamis, kreatif dan inofatif berlandaskan azaz Islam dan akhlakul karimah.
  3. Setengah lingkaran di bawah yang bertuliskan FORSIA dan di bagi menjadi 6 bagian berwarna biru dan 5 bagian berwarna putih melambangkan bahwa FORSIA didirikan dan berjalan berdasarkan Rukun Iman dan Rukun Islam.
  4. Setengah lingkaran di atas yang berisikan Kubah Masjid dan Al-Qur’an di dalamnya, melambangkan bahwa FORSIA sebagai wadah pendidikan dan pembinaan Islam bagi kader-kader intelektual muslim berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah.
  5. Dua bintang di kiri dan kanan melambangkan cita-cita luhur FORSIA yang tinggi dalam berjihad fisabilillah untuk menegakkan Dinul Islam di muka bumi.
  6. Tulisan Arab yang bertuliskan Mushalla Al-Qalam menunjukkan kedudukan FORSIA yang berada di bawah lindungan Pengurus Mushalla Al-Qalam FMIPA UNP.

Arti Warna
Warna Biru laut mengandung arti keluasan, kedalaman ilmu dan wawasan tempat dimana anggota di dalamnya menggali dan menimba ilmu keislaman sebagai modal setiap insan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini.
Putih mengandung arti kesucian, kebersihan, ketulusan niat dan keluhuran akhlak di dalam menjalankan aktifitas da’wah Islam yang diemban oleh seluruh Aktifis Da’wah Kampus FORSIA demi tegaknya Islam di Bumi Allah ini.
Tulisan

  1. Tulisan FORUM STUDI ISLAM AL-QALAM adalah nama lembaga ini dan FORSIA merupakan kependekannya.
  2. FMIPA UNP PADANG adalah lokasi dimana lembaga ini berada.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Email
  • RSS
  • Blogger
  • MySpace
  • Tumblr
  • Google Plus
Email
Print
WP Socializer Aakash Web